28.6 C
New York
Senin, Juli 22, 2024

Buy now

Wabup Matret Kokop Nahkodai PMI Teluk Bintuni Masa Bakti 2023-2028

Bintuni, Indikatorpapua.com – Untuk kedua kalinya Wakil Bupati Matret Kokop terpilih sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Teluk Bintuni masa bakti 2023-2028. Giat yang berlangsung di salah satu gedung hotel di KM, 4 Kabupaten Teluk Bintuni tersebut, selain anggota, relawan PMI, dan tamu undangan juga dihadiri sejumlah pengurus PMI Provinsi Papua Barat. Rabu (20/12/2023).

Sambutan tertulis Ketua PMI Teluk Bintuni, yang dibacakan oleh Wakil Ketua, H. Haris Tahir menyampaikan sebaik-baiknya manusia mereka yang bermanfaat bagi orang lain. Dan rekan-rekan PMI satu diantara contoh nyata sesuai peran dan fungsinya dalam membantu sesama.

Perlu diketahui bersama bahwa Wakil Bupati Teluk Bintuni, Matret Kokop, SH. yang juga sebagai Ketua PMI Kabupaten Teluk Bintuni periode sebelumnya, kini terpilih kembali melalui forum Musda yang diselenggarakan pada bulan Oktober lalu, untuk menahkodai Organisasi palang merah Indonesia periode 2023-2028.

Selaku Ketua PMI Teluk Bintuni yang terpilih untuk kedua kalinya, tentu ini merupakan amanah atau titipan dari Tuhan Yang Maha Kuasa, dan harus di jalankan dengan baik. Tak hanya sampai di situ saja, keseriusan menjadi tonggak utama untuk menyebarluaskan nilai-nilai kemanusiaan. Sehingga menjadi ladang ibadah dalam memberikan pelayanan kemanusiaan itu sendiri.

Ia pun berharap agar pengurus PMI Provinsi Papua Barat tak bosan bosannya untuk membina serta membimbing jalannya roda organisasi PMI yang berada di daerah, terutama tentang manajamen dan mengelola organisasi dengan baik dan benar.

Matret Kokop juga berkomitmen pasca dilantik sebagai Ketua PMI, bersama pengurus ia akan segara membentuk kepengurusan PMI tingkat Distrik atau kecamatan. Sehingga dapat memberikan pelayanan serupa sampai masyarakat di tingkat kampung-kampung.

Sementara itu, Ketua PMI Provinsi Papua Barat, Nataniel Mandacan berharap agar pengurus PMI Teluk Bintuni, tetap semangat dalam menjalankan tugas dan fungsinya, sesuai dengan konstitusi Palang Merah Indonesia, dalam memberikan pelayanan kemanusiaan di tengah tengah masyarakat.

“Selamat atas pelantikan yang telah kita saksikan bersama, semoga rekan rekan yang baru saja dilantik dapat menjalankan amanahnya dengan baik,” tuturnya.

Sebagai mitra pemerintah, ada dia tugas yang diamanatkan kepada PMI, yakni pertama, PMI melakukan pembinaan dan penghargaan bagi para pendonor. Kedua yakni melakukan aktivitas, dan mengelola penyediaan stok darah bagi masyarakat yang membutuhkan, dalam sebuah kegiatan sosial donor darah.

(Foto) : Momentum foto bersama di rangkaian acara Pelantikan PMI Teluk Bintuni.

Demikian pula Wakil Bupati Teluk Bintuni, Matret Kokop dalam kesempatannya menyampaikan Selamat datang Ketua beserta pengurus PMI Provinsi Papua Barat serta Selamat dan Sukses atas Pelantikan pengurus PMI Kabupaten Teluk Bintuni Masa Bakti 2023-2028.

Sebuah keharmonisan yang selaras, pemerintah dalam hal ini sangat mengapresiasi keberadaan PMI di Kabupaten Teluk Bintuni. Sebagai mitra
kerja tentunya PMI adalah merupakan kepanjangan tangan pelaksanaan program-program pemerintah di bidang sosial kemanusiaan. Dengan harapan dan komitmen mewujudkan komitmen mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan Berdaya Saing dalam upaya pelayanan yang berbasis kemanusiaan

Prosesi pelantikan di setiap instansi adalah bagian dari pondasi kehidupan pergerakan roda organisasi dalam upaya meningkatkan kapasitas, kualitas serta peran, sehingga dalam melaksanakan tugas dan fungsi tercapai dengan optimal. Jika dilihat dari sudut pandang organisasi bukan sekedar menempatkan figur-figur jabatan dan kepentingan tertentu tetapi pembenahan dan pemantapan kinerja dalam meningkatkan serta menyelenggarakan tugas-tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) menjadi nilai jual suksesnya pergerakan organisasi lebih khusus berkualitas dan berdaya saing dalam upaya memberikan pelayanan yang berbasis kemanusiaan.

Kepada kepengurusan PMI Kabupaten Teluk Bintuni yang telah dikukuhkan. Pengabdian dan tugas Serta Pengabdian dan komitmen terhadap tanggungjawab dalam merumuskan kebijakan-kebijakan strategis serta program kerja menjadi bagian dalam mewujudkan organisasi yang efektif
dan efisien.

Namun perlu diketahui juga bahwa kebijakan dan rencana strategi tidak terlepas dari visi dan misi pemerintah sehingga penerapan dan pelaksanaan organisasi tersebut sebagai mitra kerja akan menjadi kepanjangan tangan dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat di bidang kemanusiaan

Atas nama Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni kepada semua yang hadir disini terlebih khusus kepada Pengurus PMI Kabupaten Teluk Bintuni, mari tingkatkanlah keharmonisan serta komunikasi dan koordinasi terkait program-program strategis pelayanan kemanusiaan terutama ketersediaan darah yang setiap saat dibutuhkan oleh masyarakat namun tidak juga terpenuhi, harapan besar kepada PMI dapat mendirikan UTD sendiri serta dapat membantu masyarakat dengan merekrut para sukarelawan donor darah sehingga dapat memenuhi kebutuhan darah bagi yang membutuhkan.

Untuk tolak ukur sebagai Pemerintah dalam mendukung serta dapat mengalokasikan
pendanaan baik itu melalui APBD maupun Dana Hibah kepada PMI.

Pewarta : Wawan.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini