13.2 C
New York
Kamis, Mei 26, 2022

Buy now

Kunjungan Wisatawan Raja Ampat Naik Signifikan

“Semoga pandemi segera berlalu dan perekonomian cepat pulih agar wisatawan lokal maupun asing meningkat kembali”

Indikatorpapua.com| Sorong-Kunjungan wisatawan ke Raja Ampat, Papua Barat, dalam sebulan terakhir meningkat cukup signifikan.

Usman salah seorang pengelola jasa pelayaran penumpang Sorong-Raja Ampat, Rabu (22/12) mengatakan semenjak pemerintah membuka kembali kunjungan wisatawan ke daerah tersebut, aktifitas pariwisata Raja Ampat yang sempat redup akibat pandemi Covid-19 kembali menggeliat

“Menjelang Natal dan tahun baru ini kenaikanya sangat signifikan. Dalam satu bulan terakhir kenaikan jumlah penumpang umum dan wisatawan menuju Waisai mencapai 80 persen,” kata Kepala Cabang PT.Belibis Putra Mandiri tersebut.

Untuk wisatawan mancanegara, kata dia, belum ada kenaikan signifikan. Jumlah mereka masih dibawah 10 persen dari total penumpang kapal dan wisatawan yang berlayar dari Sorong ke Raja Ampat.

“Untuk lokal alhamdulillah sudah mengalami peningkatan dari hari ke hari, ditambah dengan masyarakat Sorong yang kerja di Waisai begitu pun sebaliknya,” kata Usman lagi.

Menurut dia Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada kunjungan wisatawan Raja Ampat. Sebelum pandemi, kapal cepat yang dioperasikan bisa memuat penumpang hingga 1700 orang perhari.

Pada masa pandemi, dalam sehari kapalnya hanya bisa memuat 300 hingga 400 penumpang.

“Semoga pandemi segera berlalu dan perekonomian cepat pulih agar wisatawan lokal maupun asing meningkat kembali,” ujarnya.|LP-3