25.4 C
New York
Jumat, Juni 21, 2024

Buy now

Tingkatkan Respons Bencana Alam, Kodam XVIII/Kasuari Gelar Pelatihan di Teluk Bintuni

Teluk Bintuni, Indikatorpapua.com – Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Yusuf Ragainaga, menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan usai apel kesiapan pelatihan lapangan penanggulangan bencana alam yang digelar di lapangan perkantoran Bupati SP 3, Distrik Manimeri, Kabupaten Teluk Bintuni. Selasa (11/6/2024).

Ia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personil Danrem dan Staf Korem 182 dalam mengaplikasikan proses pengambilan keputusan militer untuk merencanakan operasi bantuan penanggulangan bencana alam. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan meningkatkan sinergitas, sinkronisasi, dan koordinasi antara Forkopimda serta stakeholder terkait dalam penanggulangan bencana alam.

Mengingat belum lama ini wilayah Kabupaten Bintuni, tepatnya di Distrik Yakora dan Distrik Tembuni, dilanda bencana alam banjir pada bulan April lalu, sehingga TNI mengadakan latihan ini sebagai langkah antisipasi. Pelatihan ini diharapkan dapat membuat TNI, Pemda, dan seluruh stakeholder dapat bertindak sesuai fungsinya saat terjadi bencana banjir, karena latihan ini diadakan dengan medan yang menyerupai kondisi sebenarnya.

Pimpinan TNI AD, khususnya Kodam Kasuari, juga menggelar latihan serupa di sejumlah wilayah, seperti Kota Sorong, Papua Barat Daya, Manokwari Selatan. Dan Korem 181/PVT di Sorong turut serta dalam latihan tersebut.

Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Yusuf Ragainaga menambahkan untuk proses latihan sendiri dipandu dari Rindam Kasuari bersama Kodam Kasuari dengan melibatkan 25 personel pelatih. Sementara itu, peserta latihan berasal dari Korem 182 Jazira Onim sebanyak 25 orang, ditambah unsur Forkopimda, sejumlah Dinas tehnis, serta ormas terkait yang berada di Kabupaten Teluk Bintuni.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan respons cepat seluruh pihak terkait dalam menghadapi bencana alam di masa mendatang.

Mewakili Kepala Daerah, Plt Sekda Teluk Bintuni, Frans N Awak menyampaikan apresiasinya sekaligus secara nyata mensuport hal-hal yang menjadi kebutuhan, serta peralatan tehnis dari Dinas terkait agar dapat mengambil bagian selama program pelatihan penanggulangan bencana alam berlangsung.

Mewakili Pangdam, Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Yusuf Ragainaga, beserta seluruh personil TNI juga mengucapkan selamat Ulang Tahun yang ke 21 untuk Kabupaten Teluk Bintuni, semoga pelayanan publik dan pemerintahan melalui programnya dapat lebih meningkatkan mutu untuk kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Jenderal Bintang satu itu berpesan kepada seluruh lapisan elemen, untuk bersama-sama TNI-Polri dalam menjaga keamanan di lingkungan wilayah masing-masing, terlebih pada momentum menyambut pesta demokrasi Pemilukada serentak tahun 2024.

Pewarta : Wawan.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini