13.2 C
New York
Kamis, Mei 26, 2022

Buy now

Kodam XVIII/Kasuari Jamin Keamanan Maybrat

“Para pengungsi pasca peristiwa Kisor telah dipulangkan dalam tiga tahap”

Indikatorpapua|Manokwari-Kodam XVIII/Kasuari, Papua Barat menjamin keamanan di wilayah Kabupaten Maybrat pasca penyerangan yang dialami personilnya beberapa waktu lalu.

Hal ini dinyatakan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayor Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa, Sabtu (29/1).

Pria yang akan segera memimpin Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogawilham) III ini menjelaskan terkait penyerangan Pos Koramil Persiapan Kisor, Maybrat beberapa bulan lalu itu para pelaku sudah tertangkap.

“Termasuk para pelaku yang sempat masuk dalam DPO (daftar pencarian orang),” ungkap Cantiasa.
                
Ia menyebutkan, secara keseluruhan ada tujuh pelaku penyerangan telah berhasil dibekuk. seorang diantara sudah memasuki sidang di Pengadilan Negeri Makassar dan serta satu orang lainya berkas telah lengkap dan segera memasuki tahap sidang.
               
Cantiasa mengingatkan pelaku yang kini belum tertangkap segera menyerahkan diri.

“Pemerintah daerah butuh keamanan untuk melaksanakan pembangunan. Masyarakat pun ingin nyaman beraktivitas,” ujarnya.

Terkait ratusan warga yang sempat mengungsi akibat peristiwa itu, Cantiasa membeberkan bahwa pihaknya telah menyalurkan bantuan TNI serta melakukan pemulangan secara bertahap.
               
Pemulangan warga yang mengungsi dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama sebanyak 70 orang, kedua 250 orang dan tahap ketiga 135 orang.

“Pemulangan tahap ketiga kita lakukan menjelang hari raya Natal sebanyak 135 orang. Kami bersama Polri berupaya Maybrat selanjutnya selalu aman,’’ sebut pria asal Bali tersebut.|

Pewarta : Toyiban