9.2 C
New York
Sabtu, April 20, 2024

Buy now

Kanit IV Tipidter Polres Teluk Bintuni Pimpin Sidak ke SPBU untuk Cegah Kecurangan

Teluk Bintuni, Indikatorpapua.com – Sabtu (30/3/ 2024), Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Teluk Bintuni gelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan Pertashop di wilayah Kabupaten Teluk Bintuni. Kegiatan ini dipimpin oleh Kanit IV Tipidter Satuan Reskrim Polres Teluk Bintuni, Ipda Christian Wahyu Pratama S.Tr.K., bersama Unit Resmob dan anggota satreskrim.

Sidak ini dilakukan sebagai respons terhadap instruksi Kapolri untuk mengurangi angka pelanggaran yang kerap terjadi di SPBU dan Pertashop menjelang mudik Lebaran 1445 H. Selain pastikan tidak adanya praktik kecurangan juga untuk memastikan kebutuhan masyarakat akan BBM terpenuhi dengan baik.

Selain melakukan pemeriksaan, Satreskrim Polres Teluk Bintuni juga memberikan himbauan kepada pengusaha BBM untuk mematuhi peraturan yang berlaku dan tidak melakukan kecurangan yang merugikan masyarakat. Tindakan tegas akan diambil terhadap pelanggaran sesuai hukum yang berlaku.

Tim juga akan melaksanakan patroli dialogis intensif ke SPBU untuk mencegah gangguan keamanan menjelang mudik Lebaran.

Ipda Christian Wahyu Pratama S.Tr.K., memaparkan, SPBU dan Pertashop yang diperiksa meliputi SPBU Tisai, Pertashop Kampung Nusantara, Pertashop kilometer 02 dan 06, serta Pertashop Kampung Lama. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa mesin pompa BBM dalam keadaan normal tanpa adanya perangkat tambahan, dan nozzle pompa BBM sesuai dengan jumlah BBM yang dikeluarkan.

Masyarakat Teluk Bintuni juga dihimbau untuk melaporkan kejanggalan atau dugaan kecurangan di SPBU atau Pertashop melalui kontak Kasatreskrim Polres Teluk Bintuni. Semua pihak diminta untuk bersama-sama menjaga keamanan dan memastikan kebutuhan masyarakat, termasuk BBM, terpenuhi dengan baik.

Sementara itu, Pengawas SPBU Tisay, H. Rusdi kepada media ini mengucapkan apresiasi kepada pihak kepolisian resor Teluk Bintuni yang telah melakukan sidak, guna mencegah sejak dini dari hal hal yang tidak diinginkan, seperti pengurangan takaran maupun pengukuran.

Menurut H. Rusdi, sebelumnya SPBU Tisay telah dilakukan uji Tera oleh BMG Metrologi Sorong, dan Alhamdulillah semua sarana dan prasarana dalam pelayanan kepada konsumen telah memenuhi standar serta ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pertamina. Sehingga tidak ada yang perlu diragukan, termasuk dalam pelayanan buka setiap hari pada jam kerja.

Pewarta : Wawan.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini