25.4 C
New York
Jumat, Juni 21, 2024

Buy now

Tingkatkan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Mansel Teken MOU Bersama STKIP Manokwari

MANOKWARI, Indikatorpapua.com – Bawaslu Manokwari Selatan (Mansel) dan STKIP Muhammadiyah Manokwari Senin (25/9/2023) kemarin telah menjalin kerjasama melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang bertujuan untuk meningkatkan pengawasan partisipatif dalam penyelenggaraan Pemilu Serentak tahun 2024. Ketua Bawaslu Manokwari Selatan, Ingrit A. Sabubun, menyebut STKIP Muhammadiyah Manokwari akan berperan penting dalam membantu pengawasan partisipatif.

Pengawasan partisipatif, menurut Ingrit, tidak hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara pemilu, tetapi juga memerlukan keterlibatan perguruan tinggi. Ini menjadi relevan karena kuantitas pengawas Pemilu terbatas dibandingkan dengan pihak penyelenggara Pemilu, seperti KPU. Maka dari itu, kerjasama dengan lembaga pendidikan seperti STKIP Muhammadiyah dianggap penting.

Melalui MoU ini, rencananya akan dilakukan pelatihan (Bimtek) yang melibatkan mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam memahami tugas dan fungsi pengawasan partisipatif. Sebelumnya, Bawaslu Manokwari Selatan telah melibatkan mahasiswa STKIP Muhammadiyah dalam program-program serupa.

Kerjasama ini diharapkan dapat memperkuat pengawasan di Manokwari Selatan pada Pemilu Serentak 2024. Ingrit bahkan mengungkapkan kemungkinan mengundang pihak eksternal, seperti STKIP Muhammadiyah, untuk memberikan pengetahuan tentang pendidikan politik kepada masyarakat melalui mahasiswa.

Ketua STKIP Muhammadiyah Manokwari, Hawa Hasan, juga menyambut baik kerjasama ini. Dia berharap kerjasama ini dapat membawa dampak positif bagi akreditasi perguruan tingginya. Selain itu, dia menekankan pentingnya peran perguruan tinggi dalam mensukseskan Pemilu 2024 melalui mahasiswa yang sebagian besar berada di kelas Oransbari.

Hawa Hasan juga menambahkan bahwa kerjasama ini tidak hanya terbatas pada pengawasan partisipatif, tetapi juga dapat mencakup program-program lain yang mendukung demokrasi dan kemajuan kampus STKIP Muhammadiyah Manokwari.

Kerjasama antara Bawaslu Manokwari Selatan dan STKIP Muhammadiyah Manokwari diharapkan akan memberikan kontribusi positif bagi pengawasan partisipatif dan pendidikan politik, serta mendukung suksesnya Pemilu Serentak tahun 2024 di wilayah tersebut.

Pewarta : (IP-03).

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini