10.2 C
New York
Selasa, Maret 5, 2024

Buy now

Wabup Matret Kokop Secara Resmi Membuka Kegiatan Kursus Wasit C3 Nasional

BINTUNI, Dinas Pendidikan Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Teluk Bintuni menggelar kegiatan Kursus Wasit C3 dengan menghadirkan dua orang instruktur Nasional dari PSSI wilayah kerja Indonesia Timur. Bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM wasit cabang olahraga sepak bola di daerah.

Giat yang berlangsung di gedung aula Penginapan Kartini, Jumat (24/11/2023) tersebut dihadiri Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop sekaligus membuka secara resmi kegiatan kursus Wasit C3 atau dasar.

Ketua panitia penyelenggara Sahroni Kosepa dalam laporannya menyampaikan, kegiatan kursus wasit C3 atau dasar ini berlangsung selama satu Minggu, terhitung sejak 23-30 November dan diikuti peserta calon wasit sekisar 22 orang, dengan pot anggaran yang bersumber dari anggaran Dinas Dikpora Teluk Bintuni tahun 2023.

Dalam kursus ini juga Instruktur Wasit Nasional yang berasal dari PSSI diantaranya,
Aris Papuling dan Fahrizal M Kahar, semoga melalui kurus wasit ini, kedepan dapat melahirkan olahraga persepakbolaan yang handal di Kabupaten Teluk Bintuni.

Sementara itu, Ketua Asprov PSSI Papua Barat, Faisal Kelian mengatakan menjadi wasit sepak bola mereka harus mempunyai lisensi, sehingga dapat memimpin jalannya kompetisi olahraga dengan baik. “Tidak ada wasit maka tidak ada pertandingan,” tutur Faisal Kelian.

Dislokasi yang sama, Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop sekaligus membuka acara kurus wasit C3 Nasional memberikan apresiasi kepada Dinas Dikpora yang telah menyelenggarakan kegiatan, menurutnya kegiatan Kursus seperti ini, kali pertama yang diselenggarakan di Kabupaten Teluk Bintuni.

Matret Kokop juga berharap kepada seluruh peserta agar dapat menyerap ilmu yang akan disampaikan oleh kedua instruktur. Sehingga dapat meningkatkan kualitas pengetahuan dalam memimpin jalannya pertandingan sepakbola nantinya.

Aris Papuling, salah seorang instruktur Nasional yang berasal dari PSSI menyampaikan sepak tolak ukurnya berada dalam pertandingan, maka perangkat pertandingan harus terpenuhi dan terutama di Wasit. Selain dibekali teori, peserta kurus wasit C3 Nasional ini, akan pula praktik secara langsung, bagaimana cara memimpin jalannya pertandingan sepak bola oleh instruktur di lapangan.

Pewarta : Wawan.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini