28.6 C
New York
Senin, Juli 22, 2024

Buy now

BAC Teluk Bintuni Gelar Lomba Olahraga Panahan Tradisional Papua.

Bintuni, Indikatorpapua.com – Bintuni Archery Competition menyelenggarakan lomba olahraga panahan tradisional Papua. Giat yang berlangsung selama dua hari di lapangan olahraga area gedung serba guna tersebut, diikuti puluhan peserta dari tingkat pemula hingga umum.

Ketua BAC Teluk Bintuni, H. Kadarusman, dalam laporannya menyampaikan, tujuan dari kegiatan Bintuni Archery Competition 1023, merupakan ajang mencari minat bakat, serta mengasah kemampuan dari peserta lomba dalam laga panahan tradisional Papua. Sabtu (9/12/2023).

Menurutnya, kali ini Bintuni Archery Competition atau disebut (BAC) merupakan salah satu wadah organisasi di bidang olahraga panahan, yang telah berada di daerah sejak November tahun 2019 lalu hingga kini terus berupaya mencari minat bakat dari putra – putri Asli Papua maupun nusantara yang terbaik di bidang olahraga panahan.

Diungkapkan H. Kadarusman, sejalan dengan iringnya waktu patut sadari, olahraga panahan khususnya di kabupaten Teluk Bintuni BAC telah mengadakan beberapa kali ivent, hingga tepatnya belum lama ini, pada tanggal 30 September 2023 lalu, BAC Teluk Bintuni pernah mengikuti ajang lomba panahan di tingkat Nasional yaitu Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Championship 2 tahun 2023 yang dilaksanakan di Bandung, mewakili Provinsi Papua Barat.

Kegiatan Lomba akan berlangsung selama dua hari sejak pada hari Sabtu 9 hingga Minggu 10 Desember 2023 yang bertempat di lapangan olahraga gedung serba guna (GSG), dengan diikuti peserta dari berbagai macam kategori yang perlombakan, kategori pemula yaitu tingkat SD, Pemula tingkat SMP, kategori Umum, Prestasi Putra dan Prestasi putri, serta Long Bow Tradisional Papua.

H. Kadarusman merinci, bagi pemenang lomba tentu panitia telah menyiapkan sejumlah medali, piagam dan uang pembinaan, untuk setiap pemenang dari masing-masing kategori. Perlu diketahui bahwa, kurangnya antusias peserta dikarenakan adanya keterbatasan alat bagi peserta dan kurangnya kompetisi yang diselenggarakan di Daerah. Sehingga dengan seiringnya waktu, diharapkan ajang lomba seperti ini, akan selalu diselenggarakan untuk menjaring minat dan bakat masyarakat.

“Kami atas nama pengurus dan panitia penyelenggara ingin menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Teluk Bintuni yang telah memberikan dukungan penuh, sehingga kompetisi dapat diselenggarakan,” tuturnya.

Pihaknya berharap kedepan, adanya perhatian penuh dari semua pihak dan stakeholder terkait, termasuk Pemerintah Daerah dalam memfasilitasi peralatan, kemudian memperhatikan sarana dan prasarana sebagai tempat latihan. Sebagai penutup sekiranya Pemerintah Daerah terus dapat memberikan dukungan kepada atlit atlit untuk mengikuti iven-iven di luar daerah Bintuni, dalam hal pendanaanya.

Sementara itu Ketua KNPI Teluk Bintuni, Kenny Kindewara dalam sambutannya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada BAC, yang telah menyelenggarakan Iven, melalui kegiatan olahraga tentu menekan angka kenakalan remaja terlebih yang mengarah ke hal hal yang negatif.

“Seperti miras, seks bebas, tawuran, dan lain sebagainya,” ucap Kenny.

Selain peserta lomba, turut hadir dalam open seremoni Ketua KKSS Erwin Beddu Nawawi, serta para dewan guru yang mengawal anak didiknya dalam mengikuti perlombaan.

Pewarta : Wawan.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini