12.8 C
New York
Senin, Mei 20, 2024

Buy now

Upaya Cegah Stunting Dinkes Papua Barat Gelar Pelayanan Kesehatan Bagi Remaja Di Bintuni

MANOKWARI, Indikatorpapua.com – Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat dan Dinas Kabupaten Teluk Bintuni bekerja sama untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan bagi kelompok remaja pada tanggal 20-22 September 2023. Upaya ini bertujuan untuk mencegah stunting di Kabupaten Teluk Bintuni. Pelayanan tersebut mencakup imunisasi Tetanus difteri (Td) untuk Wanita Usia Subur (Wus), pemberian tablet tambah darah (TTD), serta skrining kesehatan jiwa dan penyakit tidak menular (PTM). Senin (25/9/2023).

Pihak sekolah, seperti Kepala SMA Negeri 1 Teluk Bintuni dan Wakasek Kesiswaan, Diana S. Matulessy, S.Th, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pelayanan kesehatan ini. Melalui pemeriksaan kesehatan ini, mereka dapat mengidentifikasi siswa-siswi yang mungkin mengalami kekurangan gizi serta masalah kesehatan lainnya seperti masalah mata dan tinggi badan.

Diana menyampaikan bahwa beberapa siswa mereka telah mendapatkan bantuan dan catatan untuk pemeriksaan lebih lanjut di puskesmas. Dia berharap agar kunjungan lanjutan dapat dilakukan untuk siswa yang belum mendapat pemeriksaan, sehingga mereka juga bisa memahami tentang kesehatan tinggi badan dan aspek kesehatan lainnya.

Penanggungjawab Program Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Hendrik Marisan, menjelaskan bahwa pelayanan kesehatan ini mencakup imunisasi Td WUS, pemberian TTD, skrining kesehatan jiwa, dan skrining PTM. Mereka melakukan pemeriksaan yang komprehensif, termasuk pemantauan pertumbuhan tinggi badan pada siswa laki-laki.

Hendrik juga menjelaskan bahwa pemeriksaan ini akan memperhatikan indeks masa pertumbuhan untuk mengontrol pertumbuhan siswa-siswi sesuai standar syarat tinggi yang ditetapkan, terutama jika mereka memiliki cita-cita untuk berkarir di TNI/Polri.

Selain itu, pemeriksaan juga mencakup pencegahan penyakit tidak menular seperti merokok dan konsumsi alkohol. Pemeriksaan pola makan, termasuk asupan makanan berminyak dan gula, juga dilakukan. Selain itu, skrining kejiwaan juga merupakan tambahan pemeriksaan yang telah dilakukan di berbagai kabupaten lainnya.

Hasil pelayanan kesehatan ini mencakup imunisasi Td WUS dan pemberian TTD yang diberikan kepada sejumlah siswa-siswi, serta skrining PTM dan kejiwaan yang dilakukan pada ratusan siswa di berbagai sekolah. Upaya ini merupakan tindak lanjut dari regulasi dan kebijakan pemerintah untuk mempercepat penurunan kasus stunting pada kelompok remaja, yang merupakan isu kesehatan yang sangat penting. (IP-02).

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini