25.4 C
New York
Jumat, Juni 21, 2024

Buy now

RS Pratama Babo Raya Di Targetkan Rampung Sebelum Bulan Desember Dengan Menelan Anggaran Sebesar 70 M

Indikatorpapua.com | Bintuni – Menandai pembangunan gedung Rumah Sakit Pratama Babo Raya, Bupati Kabupaten Teluk Bintuni Petrus Kasihiw Selasa (9/5/2023) meletakan baru pertama sekaligus meninjau lokasi pembangunan yang berada di kampung Irarutu Dusun Nusi Distrik Babo.

Didampingi Kapolres Teluk Bintuni AKBP Junov Siregar, Dandim 1806 Letkol Arh Patrick Arya Bima, Danbrig, Komandan Kompi, Kasintel Kejaksaan bupati juga melakukan diskusi singkat dengan pihak kontraktor pembangunan PT Pentagon Terang Asli dan PT Nidise Estetika yang di gawangi Munif Alamri dan Michael Ramli.

Disambut warga dengan pengalungan bunga di pelabuhan, Bupati Dalam sambutannya mengatakan pembangunan Rumah sakit Babo Raya ini adalah jawaban atas janji kampanye ketika mencalonkan diri sebagai Bupati bersama wakil nya Matret Kokop.

“Ini adalah proyek strategis daerah, sekaligus jawaban dari aspirasi masyarakat waktu saya kampanye, ada dua yang penting yaitu pembangunan RS dan Pemekaran Babo, dan RS ini sudah dijawab” Kata Bupati Kasihiw.

Dijelaskan Kasihiw, terkait aspirasi pemekaran Babo Raya sudah sampai pada tahap penyiapan dokumen kajian mengenai kelayakan Kabupaten Babo Raya, namun karena pemerintah pusat masih melakukan moratorium sehingga untuk pemekaran Kabupaten Babo Raya belum bisa terealisasi.

Meskipun demikian, Bupati mengatakan telah berusaha untuk menyampaikan aspirasi tersebut kepada pemerintah pusat, dan tim kajian pemekaran Babo Raya sedang bekerja.

Bupati Kasihiw Berharap Kontraktor dan pengawas agar secepatnya progres RS ini harus berjalan. Terkait pelepasan lahan sudah diselesaikan dengan pemilik gak ulayat.

Bupati berharap masyarakat Babo dapat membantu pemerintah dengan memberikan dukungan, bupati menyatakan siap mendengar jika ada keluhan dari warga.

“Saya pesan kontraktor libatkan masyarakat yang sekiranya mereka bisa kerja, setidak nya ada tetesan atau serpihan untuk masyarakat” Katanya.

Pembangunan Rumah Sakit Pratama Babo Raya menurut kepala Dinas Kesehatan Frangki D Mobilala, menggunakan anggaran APBN bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2023.

Lahan rumah sakit dibangun di atas tanah seluas 2 Hektar yang pada tahap awal akan dibangun gedung dan kantor utama, ruang rawat inap, ruang radiologi dan poli spesialis dengan total anggaran sebesar Rp 70 Milyar yang diperuntukan bangunan konstruksi, pengadaan prasarana dan peralatan Kesehatan.

“Untuk pembangunan konstruksi sebesar Rp 49 Milyar, Alkes Rp 15 Milyar dan prasarana lainya sebesar Rp 6 Milyar” Kata Mobilala.

Pewarta : Wawan.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini