9.2 C
New York
Sabtu, April 20, 2024

Buy now

Posyandu Kasih Bunda Sogun Permai 2 Manokwari Diresmikan

“Selamat atas peresmian Posyandu Kasih Bunda, kepada Puskesmas tolong terus kawal ini, jika ada hal apapun kita terus bangun koordinasi,”

Indikatorpapua.com | Manokwari, – Peresmian Posyandu Kasih Bunda Perumahan Sogun Permai 2 RT.05 RW.09 Kelurahan Sowi Distrik Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari menjadi harapan dalam menjawab pelayanan kesehatan bagi anak-anak dan ibu hamil di daerah setempat.

Lurah Sowi, Jekson Ullo saat meresmikan Posyandu Kasih Bunda menyampaikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat menjadi hal terpenting sehingga semua pihak, baik petugas kesehatan maupun RT kompak guna memberikan pelayan terbaik. Jumat (24/2/2023).

“Selamat atas peresmian Posyandu Kasih Bunda, kepada Puskesmas tolong terus kawal ini, jika ada hal apapun kita terus bangun koordinasi,” jelas Jekson.

Ketua RT.05 Sogun Permai 2, Alex Taadung mengatakan, angka kelahiran yang terus bertambah, serta banyaknya ibu muda sehingga keberadaan Posyandu dirasa sangat penting.

Alex juga mengingatkan warga bahwa, zaman dulu pelayanan Posyandu seperti saat ini sangat jauh berbeda, sehingga banyak anak-anak yang mengalami masalah kesehatan.

“Dorongan berdirinya Posyandu ini juga dilatarbelakangi peristiwa kematian ibu hamil, gizi buruk bahkan kematian zaman dulu,” ungkapnya.

Selain itu, Posyandu yang selama ini melayani warga di Sogun Permai hanya satu, sehingga dengan adanya Posyandu Kasih Bunda, diharapkan bisa memberikan pelayanan maksimal.

“Banyaknya anak-anak yang berkumpul di sana (Posyandu Sogun Permai I,red), dengan petugas terbatas dengan dorongan dan support dari puskesmas, juga alasan kemanusiaan sehingga kami menginisiatif membangun Posyandu ini,” terangnya.

Alex menilai, anak-anak adalah investasi masa depan, sehingga hadirnya Posyandu diharapkan menjawab kebutuhan warga.

“Ini Permata-permata yang merupakan aset RT.05, kalau kita abaikan kedepan anak-anak kita seperti apa?,” ucapnya.

Alex juga mengucapkan terimakasihnya atas dukungan Lurah Sowi yang selalu respon dan menjadi terdepan dalam kegiatan tingkat RT.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sowi, Gerda Boseren mengaku dengan hadirnya Posyandu Kasih Bunda, puskesmas Sowi dan Lurah serta pihak RT menjadi mitra kerja dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat Sowi Gunung.

“Apresiasi sekali, terimakasih bapak RT yang begitu antusias dalam menginisiasi hadirnya Posyandu ini, sudah lengkap, ada ibu kader yang juga berdomisili disini. Tentunya, pelayanan kesehatan akan berjalan dengan baik,” terang Gerda.

Hadirnya Posyandu tersebut, Gerda berharap ada komunikasi dan kerjasama yang terbangun khususnya dalam pelayanan ibu dan anak.

Mewakili Kepala Dinas Kesehatan kabupaten, Pengelola Promkes, Utami berpesan usai peresmian Posyandu, segera dilengkapi fasilitas penunjang dan pembuatan SK sebagai dasar kerja.

Utami juga meminta setelah Posyandu Kasih Bunda beroperasi, petugas melakukan pelaporan kerja sebagai wujud keaktifan Posyandu.

Puskesmas Sowi, kata Utami memiliki peran penting dalam melakukan monitoring serta pelayanan Posyandu.

“Tugas kita (pelayanan kesehatan) dari segi teknis dan pembinaan tetapi tidak dalam segi pendanaan disisi insentif, sehingga pintar-pintarnya RT untuk menyepakati dengan swadaya dari warga untuk menjalankan pelayanan Posyandu,” tambah Utami.

Pewarta : Wawan.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,913<