25.4 C
New York
Jumat, Juni 21, 2024

Buy now

BI Papua Barat Gelar Sosialisasi CBP Rupiah Bagi Tingkat Pelajar

BINTUNI, Indikatorpapua.com – Dalam rangka memperkuat pemahaman terhadap mata uang Rupiah serta mengajarkan rasa cinta, bangga, dan pemahaman terhadap nilai-nilai ekonomi kepada generasi muda, Bank Indonesia (BI) Papua Barat menggelar acara Edukasi Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah.

Acara yang diselenggarakan di Woman Child Center, Jalan Raya Bintuni pada hari Selasa, (22/8/2023), bertujuan mengedukasi siswa/i pelajar mulai dari tingkat SMP, SMA/SMK, guru, dan perbankan di Kabupaten Teluk Bintuni.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Papua Barat, James WL Tobing menyampaikan pentingnya pemahaman mengenai mata uang nasional, Rupiah, menjadi fokus utama dalam acara ini. Selain itu, acara ini bertujuan untuk membantu siswa/i dan masyarakat umum memahami peran perbankan dalam ekonomi serta cara menjaga nilai Rupiah. Dengan mengajarkan nilai-nilai ekonomi sejak dini, diharapkan generasi muda dapat memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap pentingnya stabilitas ekonomi.

Pada kesempatan itu ia sedikit menjelaskan tugas dan fungsi Bank Indonesia, yakni memiliki tugas utama sebagai bank sentral negara Indonesia. Fungsi utamanya adalah mengatur dan menjaga stabilitas nilai rupiah, menjaga kestabilan sistem keuangan, serta merumuskan dan melaksanakan kebijakan moneter guna mencapai tujuan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan merata.

Selain itu, Bank Indonesia juga bertanggung jawab dalam mengeluarkan dan mengatur peredaran uang serta menjaga integritas sistem pembayaran di Indonesia, yang telah diatur dalam UU nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang,

Melalui Edukasi Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah, Bank Indonesia berharap generasi muda di Kabupaten Teluk Bintuni dapat tumbuh dengan pemahaman yang lebih baik terhadap ekonomi dan nilai Rupiah. Dengan begitu, diharapkan mereka mampu menjadi bagian dari pembangunan ekonomi yang berkelanjutan di masa depan.

Sementara itu mewakili Kepala Daerah, Sekretaris Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Teluk Bintuni, Daniel Dudung sekaligus secara resmi membuka kegiatan edukasi memberikan apresiasi kepada pihak BI yang telah berupaya memberikan pemahaman sejak dini tentang mata uang dan kestabilan ekonomi. Dudung juga berpesan agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dengan cermat dan khidmat hingga dipenghujung acara.

Sebelum mengakhiri rangkaian opening serimony ada pemberian tanda cenderamata dari Deputi Kepala BI Papua Barat kepada pihak Pemkab Teluk Bintuni yang diwakili oleh Sekretaris Dikpora.

Pewarta : Wawan.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini