26 C
New York
Senin, Juli 22, 2024

Buy now

Tingkat Kesadaran Akan Taat Pajak Kendaraan Bermotor Di Bintuni Cukup Tinggi

Indikatorpapua.com | Bintuni – Kepala UPT Samsat Teluk Bintuni, melalui Kasubag Tata Usaha Fransiskus Sugianto, mengatakan antusias warga masyarakat akan taat membayar pajak kendaraan bermotor, kesadarannya cukup tinggi.

“Masyarakat menyadari betul ketika memiliki kendaraan wajib hukumnya untuk membayar pajak, ” Jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/6/2023).

Menurut Fransiskus, menyangkut menjalankan program-program yang telah maupun sedang dilakukan oleh Samsat, pihaknya selalu berkoordinasi dengan provinsi, apakah melalui surat edaran gubernur Papua Barat atau melalui kepala Badan.

“Seperti biasanya ada program -program balik nama , atau bayar pajak kendaraan bermotor pemutihan pajak , atau balik nama kendaraan baik itu dari luar Teluk Bintuni atau di wilayah Teluk Bintuni sendiri. Kendaraan yang balik nama itu di putihkan tarifnya,” terangnya lagi.

Fransiskus juga menjelaskan bahwa selama ini, pihak Samsat sudah rutin melaksanakan razia (gabungan) bersama stakeholder yang ada sebagai mitra Samsat, yaitu pihak Kepolisian dan Jasa Raharja. ” Itu program rutin setiap tahun,” Tegasnya.

Kemudian, ia juga menjelaskan seperti biasa pemutihan surat kelengkapan kendaraan bermotor dilakukan pada bulan Juli, dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara dan HUT Provinsi Papua Barat di bulan Oktober.

Kasubag Tata Usaha UPT Samsat Teluk Bintuni, Fransiskus Sugianto.

Sedangkan mengenai kendala yang kerap dihadapi saat ini tentang pengunaan sistem aplikasi, yang sering alami gangguan jaringan internet, akan tetapi itu juga bukan merupakan kendala yang signifikan atau tidak terlalu menyusahkan kita yang ada di sini. Kemudian kendala lain ada beberapa wajib pajak yang sempat komplain soal kenaikan pelayanan yang tidak seperti mereka harapkan.

Pada kesempatan itu, Kasubag Tata Usaha UPT Samsat Teluk Bintuni Fransiskus Sugianto, juga menghimbau kepada masyarakat ketika mempunyai kendaraan, wajib hukumnya untuk memberikan pajak kepada negara, ketika kembali ke negara nanti akan juga di kembalikan lagi ke masyarakat untuk pembangunan fasilitas -fasilitas umum seperti jalan dan yang lainnya.

Pewarta : Wawan.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini