12.1 C
New York
Rabu, Mei 25, 2022

Buy now

Safari Ramadhan MUI PB Diharapkan Melahirkan Solusi Problematika Umat

“Sehingga harapannya dapat memberikan solusi permasalahan yang sedang dihadapi oleh Umat”

Indikatorpapua.com | Bintuni – Majelis Ulama Indonesia (MUI) berkerja sama dengan Pemerintah Provinsi Papua Barat dan Dewan Masjid (DMI) menyelenggarakan Safari Ramadhan 1443 H atau 2022 M, di setiap Kabupaten Kota termasuk Teluk Bintuni.

Selain guna mempererat tali silaturahim antar umat Islam, menyampaikan pesan tausiah hikmah Ramadhan kemudian menyelenggarakan dialog dengan sejumlah tokoh, ormas dan jamaah. Safari Ramadhan sudah menjadi agenda wajib dalam setiap tahun MUI.

Hal tersebut seperti diungkapkan Ketua Dewan Pertimbangan MUI Provinsi Papua Barat Dr. Mulyadi Jaya saat usai berdialog bersama umat Islam di Masjid Quba Komplek Pasar sentral. (10/4/2022).

Dengan dipandu dari pengurus MUI tingkat daerah Teluk Bintuni, Safari Ramadhan tahun ini MUI Papua Barat berserta rombongan, berkesempatan bersilaturahmi bersama umat Islam di dua lokasi rumah peribadatan, diantaranya Masjid Al-Munawarah komplek pelabuhan dan Masjid Quba Komplek Pasar.

“Alhamdulillah Safari Ramadhan tahun ini, kami MUI Papua Barat dengan dibantu dari rekan-rekan MUI Teluk Bintuni, walaupun hanya sebatas tatap muka, dialog, tausiah bersama umat, disamping itu kami juga menerima aspirasi problematika umat Islam dalam bentuk lisan dari para tokoh di setiap daerah termasuk Bintuni” ucap Mulyadi

Sambung Mulyadi dalam lawatannya kali ini, tentu dari semua masukan dan saran akan ditampung kemudian dibawa dalam forum guna dibahas di internal MUI Papua Barat, terutama dalam rapat program kerja nanti.

“Sehingga harapannya dapat memberikan solusi permasalahan yang sedang dihadapi oleh Umat” tuturnya.

Jamaah Masjid Quba Bintuni saat mendengarkan tausiah dan dialog keumatan

Ia juga berpesan, agar umat Islam yang berada di Papua Barat khususnya di Teluk Bintuni, dapat mengambil hikmah pelajaran dalam bulan Ramadhan, sehingga dapat mewujudkan insan yang benar benar membawa Rahmat bagi seru sekalian alam.

Sementara itu, Ketua MUI Teluk Bintuni Ahmad Subuh Refideso, S.HI dalam kesempatannya menyampaikan apresiasi baik pada pengurus MUI Papua Barat yang telah menyelenggarakan Safari Ramadhan, menyapa umat Islam khususnya di Teluk Bintuni.

Selain bersilaturahim dengan umat Islam di Bintuni dalam kesempatan ini juga MUI Papua Barat secara kelembagaan telah bersua bersama pengurus satu tingkat dibawahnya.

Ahmad Subuh Refideso juga berharap, selain kegiatan Safari Ramadhan yang telah dilaksanakan oleh MUI Papua Barat seperti saat ini ada pelaksanaan program lainnya, seperti pelatihan para da’i guna menyiapkan para tenaga khusus di bidang dakwah.

Ahmad Subuh Refideso juga menambahkan, MUI secara berjenjang perlu adanya penguatan terhadap pembinaan di internal kelembagaan, sehingga bagaimana organisasi ini bisa berjalan secara baik sesuai dengan yang diharapkan.

“Orang cukup banyak bahkan marak ikut dalam sebuah organisasi, tetapi setelah masuk di struktur kepengurusan ia tidak tahu apa yang harus diperbuat, sehingga pembinaan keanggotaan sangat diperlukan” pungkasnya.

Pewarta : Muhammad Iqbal