26 C
New York
Senin, Juli 22, 2024

Buy now

Polres Teluk Bintuni Komitmen Usut Tuntas Dugaan Penggelembungan Anggaran Sewa Gedung DPRD

BINTUNI, Indikatorpapua.com – Kasus dugaan penggelembungan anggaran dalam alokasi uang sewa gedung Sekretariat DPRK (Setwan) Teluk Bintuni terus bergulir di Polres setempat. Penetapan tersangka masih menunggu hasil Penghitungan Kerugian Keuangan Negara (PKKN) dari audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Kasatreskrim Polres Teluk Bintuni, Iptu Tomi Samuel Marbun, Senin (9/10/2023) mengungkapkan bahwa mereka sedang menunggu hasil perhitungan kerugian keuangan negara dari BPKP. Iptu Tomi berharap agar BPKP dapat segera menyelesaikan audit ini. Polisi memiliki tekad kuat untuk menuntaskan kasus sewa gedung DPRK Teluk Bintuni ini.

“Sementara kami menunggu hasil audit dari BPKP, kami tetap berkomitmen untuk mengusut dan menetapkan tersangka dalam kasus sewa gedung DPRK Teluk Bintuni,” jelas Tomi.

Kepolisian telah menjalankan penyelidikan selama empat pekan sebelum statusnya dinaikkan menjadi penyidikan pada tanggal 4 September 2023. Proses hukum ini akan terus berlanjut hingga berkas perkara dinyatakan lengkap oleh jaksa.

Kasus sewa gedung Setwan Teluk Bintuni yang telah berlangsung selama 30 bulan, dengan nilai sewa mencapai Rp 300 juta per bulan atau total Rp 9 miliar selama periode tersebut, menjadi sorotan penting. Namun, dugaan kerugian negara atau korupsi terkait dengan kasus ini masih menunggu hasil audit lembaga auditor pemerintah.

Dalam situasi sulit di tengah pandemi Covid-19, dugaan korupsi penggelembungan anggaran ini menjadi perhatian serius. Polisi menerapkan Pasal 3 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 KUHpidana, dengan ancaman pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 20 tahun, serta denda paling sedikit Rp50 juta dan paling banyak Rp1 miliar.

Kasus ini tetap dalam sorotan publik, dan masyarakat diharapkan bersabar sambil menunggu hasil penyelidikan dan audit yang sedang berlangsung.

Pewarta : Wawan.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka