13.2 C
New York
Kamis, Mei 26, 2022

Buy now

Khutbah Jum’at Keutamaan Amalan Pada Bulan Syawal

Indikatorpapua.com | Bintuni – Setelah melewati bulan Ramadan dan telah melakukan amalan serta ibadah yang diwajibkan, selanjutnya para umat Islam akan memasuki bulan Syawal, yang tentunya juga terdapat amalan dan keutamaan bulan Syawal.

Bulan Syawal merupakan bulan kesepuluh dalam penanggalan kalender hijriyah. Tidak hanya bulan Ramadan, bulan Syawal juga memiliki keistimewaan tersendiri.

Hal ini disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pinrang Dr. KH. Abd. Salam Latarenbi. Lc saat mengisi khutbah Jum’at di Masjid Agung Al – Munawwir jalan raya jenderal Sudirman kecamatan Watang Sawito Kabupaten Pinrang. Jumat (13/5/2022).

Sambungnya, pertama pada bulan Syawal kita dianjurkan untuk meningkatkan amalan ibadah yang lebih tinggi guna mendekatkan diri kepada Allah dan sesama manusia.

“seperti selesai berpuasa di bulan Ramadan dan merayakan Idul Fitri, kita juga dianjurkan untuk berpuasa selama enam hari di bulan Syawal” ungkapnya

Namun, perlu diperhatikan bila berpuasa pada tanggal satu di bulan Syawal, maka hukumnya haram dan tidak sah. Hal tersebut dijelaskan dalam hadis dari Abu Sa’id al-Khudri, yang artinya

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang berpuasa pada dua hari yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. (HR. Muslim).”

Halaman Masjid Al – Munawwir Kabupaten Pinrang Sulsel

Kemudian yang kedua Syawal merupakan bulan untuk bersilaturahmi. Karena Bulan Syawal menjadi momen yang dijadikan umat Islam untuk melakukan bersilaturahmi dengan kerabat dekat, tetangga, dan kenalan lainnya.

Menjaga hubungan dengan bersilaturahmi merupakan hal yang diperintahkan oleh Allah SWT yang dijelaskan dalam Al-Qur’an, surah An-Nisa Ayat 36. Yang artinya

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri”

Dikatakannya, bulan Syawal menjadi bulan yang penuh berkah, rahmat, dan ampunan Allah SWT karena hampir seluruh umat Islam menguatkan tali silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah.

Tambahnya, pada bulan Syawal juga kita dianjurkan saling maaf memaafkan sesama hamba taulan, saudara, keluarga, dan kerabat.

Kemudian yang ketiga pada Bulan Syawal merupakan pembuktian nilai keimanan kita. Dan salah satu keutamaan bulan syawal sebagai bulan pembuktian dan peningkatan iman.

Rasulullah SAW dalam beberapa hadistnya telah menyinggung tentang iman, berikut salah satunya yaitu : Artinya: “Iman itu ada lebih dari 70 cabang. Yang paling tinggi adalah pernyataan tiada Tuhan selain Allah SWT, yang paling rendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalanan, dan sifat malu merupakan bagian dari iman. (HR Bukhari dan Muslim).

Pewarta : Wawan