13.2 C
New York
Kamis, Mei 26, 2022

Buy now

Dengan Menelan Anggaran Milyaran Rupiah Gedung Puskesmas Bintuni Berdiri Megah

“Melalui peningkatan pelayanan kesehatan dan pendidikan, mari kita wujudkan masyarakat Teluk Bintuni yang damai, maju, produktif dan berdaya saing”

Indikatorpapua.com | Bintuni – Dengan waktu enam bulan merenovasi gedung baru dua lantai milik Puskesmas Teluk Bintuni yang menelan anggaran 18,3 Milyar, kini terlihat cukup megah sebagai salah satu pusat pelayanan kesehatan yang berada di ibu kota Kabupaten.

“Puskesmas ini dibangun dengan anggaran sebesar Rp. 18,3 Milyar dengan waktu pembangunan 6 bulan dari target 9 bulan sejak 7 Juli 2021 sampai 13 Desember 2021” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Franky Mobilala saat menyampaikan laporannya diacara peresmian gedung Puskesmas Bintuni yang terletak di KM 2. Rabu (13/4/2022).

Sambung Frangky perlu diketahui untuk puskesmas Bintuni berdiri sejak tahun 1949 silam ketika masih diberi nama Rumah Sakit Pembantu Stengkol.

Walaupun sampai saat ini sosok pemimpin berserta tenaga kesehatannya silih berganti, namun tak menyurutkan semangat memberikan pelayanan kesehatan hingga menorehkan sebuah prestasi tentang pemberantasan malaria di Kabupaten Teluk Bintuni, dengan meraih penghargaan dari PBB pada tahun 2018 lalu.

lebih lanjut Frangky Mobilala menjelaskan, gedung Puskesmas berstandar Internasional ini dibangun Dua lantai  di mana lantai satu terdiri dari Ruang pendaftaran, UGD, Farmasi dan gudang obat, ruang bersalin poliklinik, poli gigi ruang rawat inap dan ruang menyusui.

Kepala Dinas Kesehatan Teluk Bintuni Saat menyampaikan laporannya

“Sementara lantai dua, terdiri dari ruang P2P, sanitasi dan promkes, administrasi arsip, ruang penyuluh, gudang obat, ruangan dokter dan perawat juga ruang kepala puskesmas” jelasnya

Sementara itu sambutan Bupati Ir Petrus Kasihiw yang juga sekaligus meresmikan gedung Puskesmas Bintuni menyampaikan, pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia adalah bagian dari proses yang bertujuan dalam pembangunan nasional, yang juga berkaitan erat dengan kesiapan bangsa untuk ikut serta dalam persaingan global yang sedang berlangsung.

Kata Bupati, pada waktu yang bersamaan kita juga sedang diperhadapkan dengan tantangan untuk terus mengembangkan diri sebagai bangsa yang maju dan memiliki daya saing di dunia internasional.

Oleh karenanya, pembangunan bangsa menuju kemajuan dan kemandirian untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang inklusif dan berkeadilan, mengharuskan dikembangkannya konsep pembangunan yang bertumpu pada manusia dan masyarakat.

“Sehingga atas dasar itu, untuk mencapai tujuan pembangunan” ungkap.

Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw saat memotong pita peresmian gedung Puskesmas Bintuni

Dijelaskan Bupati, dengan kesehatan yang baik, masyarakat dapat dibina melalui pendidikan. Akan tetapi, jika pelayanan kesehatan tidak berjalan dengan baik, proses pendidikanpun tidak akan berjalan maksimal.

Lanjutnya lagi hal inilah yang sungguh disadari oleh pemerintah daerah dalam mengadakan pembaharuan fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat dengan melalui diresmikannya Puskesmas Bintuni di hari ini.

Yang memiliki sejumlah fitur pelayanan kesehatan yang lebih lengkap dan terjamin serta ditambah dengan letaknya yang strategis di pusat kota Bintuni.

Bupati Petrus Kasihiw juga berharap, puskesmas ini dapat menyelenggarakan pelayanan masyarakat dengan lebih baik lagi ke depannya.

Tambah Bupati, dalam kegiatan ini juga pihaknya akan sekaligus menandatangani prasasti atas peresmian gedung kantor SD Inpres SP IV Manimeri dan gedung ruang kelas SMP Negeri I Bintuni.

Tampak samping gedung baru Puskesmas Bintuni

Ini sama halnya dengan pelayanan kesehatan, sehingga pemerintah daerah juga turut ikut menaruh perhatian besar pada infrastruktur yang mendukung, dan terselenggaranya bidang pendidikan yang mencerdaskan kehidupan bangsa.

Diakui Bupati, untuk infrastruktur sekolah yang berupa sarana prasarana menjadi elemen dasar dalam mendukung pembelajaran siswa seperti ruang kelas, ruang praktik, laboratorium dan lain-lain sangat disadari masih sangat terbatas.

Oleh sebab itu menurut Bupati, dengan terpenuhi sarana prasarana yang memadai dapat menjadi pendorong dan pendukung bagi terlaksananya proses belajar mengajar yang lebih berkualitas lagi kedepan.

“Melalui peningkatan pelayanan kesehatan dan pendidikan, mari kita wujudkan masyarakat Teluk Bintuni yang damai, maju, produktif dan berdaya saing” pungkasnya.

Peresmian juga di hadiri oleh Kapolda Papua Barat Irjenpol Dr. Tornagogo Sihombing S.IK M.Si, Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop, Forkopimda dan tamu undangan lainnya.

Pewarta : Muhammad Iqbal