13.2 C
New York
Kamis, Mei 26, 2022

Buy now

Bupati Kasihiw : IWAPI Bintuni Harus Menjadi Mentor Pertumbuhan Ekonomi

“Potongan kayu yang awalnya dianggap sampah, setelah melalui tangan kreatif berubah menjadi nilai ekonomis di dalamnya dan tentu menambah ekonomi keluarga”

Indikatorpapua.com | Bintuni – Berlokasi di jalan raya sibena KM 4 Bintuni Barat. Dewan pengurus cabang Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) membentuk kelompok usaha mikro kecil menengah (UMKM). Senin (28/3/2022).

“Ini bertujuan meningkatkan keterampilan dibidang usaha dan kesejahteraan hidup bagi kaum perempuan di Kabupaten Teluk Bintuni” Ungkap Ketua DPC IWAPI Kabupaten Teluk Bintuni Hj. Andiros Diana Nurdia Karumpa dalam sambutannya.

Sambung Andiros Diana, berbicara UMKM merupakan salah satu pendombrak bidang perekonomian di Indonesia dan tidak terlepas di Kabupaten Teluk Bintuni salah satunya. Dimana Bintuni memiliki hasil alam yang begitu melimpah, terkhusus dengan hasil hutan dan kayunya.

Sehingga IWAPI Bintuni melihat peluang yang begitu banyak terutama pada saat ini telah kita saksikan bersama keterampilan yang telah dihasilkan.

“Potongan kayu yang awalnya dianggap sampah, setelah melalui tangan kreatif berubah menjadi nilai ekonomis di dalamnya dan tentu menambah ekonomi keluarga” tuturnya.

Lanjut Andiros Diana mengatakan, melalui IWAPI Insyaallah masih banyak yang akan kami perbuat, terlebih khusus untuk peningkatan ekonomi bagi para wanita atau ibu – ibu di Teluk Bintuni.

Sementara itu Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw sekaligus meresmikan centra usaha bagi UMKM IWAPI dalam sambutannya menyampaikan, IWAPI merupakan organisasi wanita yang berskala nasional sebagai mitra Pemerintah.

Kepala Dinas Perindagkop Bintuni (bertopi) bersama Kepala Dinas DPMK Bintuni (berkopyah) saat memborong hasil karya tangan IWAPI

Dan IWAPI di Bintuni juga mitra strategis dalam pembangunan sumber daya manusia untuk mendorong dibidang usaha.

“Walaupun sampai hari ini masih bersifat dilakukan oleh perorangan, dan belum terorganisir dengan baik”jelasnya.

Melalui kesempatan kali ini, Bupati juga berharap IWAPI dapat mendorong menjadi mentor membina sekaligus menampung dan memasarkan produk yang dihasilkan masyarakat.

Pemerintah bukan satu satunya penentu perkembangan ekonomi disuatu daerah, tapi ada peran-peran strategis lainnya yang harus dimainkan oleh sektor swasta.

“Semoga IWAPI dapat mendorong dan mendongkrak minat masyarakat dalam bidang usaha, jangan hanya berharap dari Proyek dan proyek” pungkas Bupati

Pewarta : Wawan